PENERAPAN TEKNIK SKETSA DENGAN KERTAS KARBON PADA PEMBELAJARAN SENI LUKIS REALIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SUKAWATI BALI
Main Article Content
Abstract
Realism painting is a competence that should be mastered to recognize students’ ability in oil
painting. Online learning in Covid-19 pandemic time required students to learn independently
although teachers’ assistance was still needed. Through early observation, the average of
students’ completion level in realism painting of eleventh graders in SMK Negeri 1 Sukawati
was 40%. Classroom action research was subsequently carried out to improve the learning
results for thirty students in realism painting. Primary data was students’ learning results,
while secondary data was obtained from field observation. Data was analyzed using
descriptive qualitative method. The result of the study demonstrates that sketching technique
application using carbon paper has improved the learning results of eleventh graders of SMK
Negeri 1 Sukawati in realism painting in the academic year of 2021/2022. The average
learning results in Cycle I was 79 which accordingly increased into 85 in Cycle II; students’
completion level in Cycle I was 77% which increased into 87% in Cycle II for twenty-six
students.
Seni lukis realis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam
keteknikan melukis dengan cat minyak. Kondisi pembelajaran daring pada masa Covid-19
menuntut siswa untuk belajar secara mandiri meskipun bimbingan dari guru tetap diperlukan.
Melalui pengamatan awal, rata-rata persentase tingkat ketuntasan hasil belajar melukis realis
siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sukawati adalah 40%. Penelitian tindakan kelas perlu
dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar 30 (tiga puluh) siswa dalam melukis realis. Hasil
belajar siswa menjadi data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi lapangan.
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan teknik sketsa dengan kertas karbon dapat meningkatkan hasil belajar
melukis realis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sukawati pada tahun pelajaran 2021/2022.
Hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 79, yang kemudian
meningkat menjadi nilai rata-rata sebesar 85 pada Siklus II; persentase ketuntasan belajar
sebesar 77% pada Siklus I, yang kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 87% untuk 26
(dua puluh enam) siswa yang dinyatakan tuntas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian. Jakarta:
Rineka Cipta.
Cahyo, A.H.N dan Marsudi. (2017). Penerapan
Metode Eksperimen Melukis dengan Media
Talenan untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Lukis Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa
Kelas X-1 SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal
Seni Rupa. 5(03).
Sahman, H. (1993). Mengenal Dunia Seni Rupa.
Semarang: IKIP Semarang Press.
Setiawan, G. (2004). Implementasi Dalam
Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja
Rosdakarya Offset.
Ugam, A.M.Y. (2017). Upaya Meningkatkan
Kemampuan Melukis Teknik Tinta dan Pastel
(Mixed Media) dengan Penerapan Metode
Demontrasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik
Belibis Makassar.
http://eprints.unm.ac.id/16799/1/skripsi%20ni
ta.pdf
Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi
Berbasis Kurikulum. Semarang: CV Obor
Pustaka.