Submissions
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
Author Guidelines
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL SENDIKRAF
Tim Editorial Jurnal Sendikraf yang terbit dua kali dalam setahun (Mei dan November) mengundang penulis artikel untuk mempublikasikan tulisan ilmiah sebagai hasil penelitian dan/atau hasil kajian, gagasan konseptual, aplikasi teori, yang memuat substansi seni, pendidikan seni, dan industri kreatif. Ketentuan yang ditetapkan untuk penulisan diuraikan berikut ini.
PEDOMAN UMUM
1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya oleh media atau jurnal manapun dengan memberikan pernyataan tertulis bahwa artikel yang dikirimkan tidak mengandung aspek plagiarisme.
2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan kaidah yang berlaku.
3. Artikel ditulis dengan menggunakan Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Sendikraf dan template artikel yang disediakan di http://gg.gg/PedomanSendikraf
4. Artikel yang telah memenuhi ketentuan pada pedoman penulisan dan template dapat dikirimkan ke jurnalsendikraf@kemdikbud.go.id
5. Penulis akan menerima pemberitahuan berkaitan dengan proses yang akan dilalui untuk kepastian dimuat atau ditolaknya artikel dengan catatan tertentu.
6. Penulis yang mendapatkan pemberitahuan untuk melalukan revisi artikel wajib untuk melakukan revisi sesuai dengan masukan dan anjuran dari mitra bestari dan tim editorial pada batas waktu yang diberitahukan sebelum dapat dimuat dalam jurnal.
PEDOMAN KHUSUS
Huruf dan Spasi
Artikel diketik menggunakan aplikasi MS Word dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 11, rata kanan kiri, spasi 1 pada kertas ukuran kuarto, dengan batas margin atas dan bawah 2.54 cm, margin kiri 2.54 cm, dan margin kanan 1.9 cm. Jumlah kata 4000-6500, termasuk referensi dan gambar atau tabel.
Tata Letak Tulisan
Artikel diketik dalam bentuk dua kolom pada satu halaman, yang disesuaikan dengan template jurnal oleh tim editor.
Kutipan
Kutipan (tidak langsung) yang diparafrasekan harus terintegrasi di dalam teks. Kutipan langsung yang lebih dari tiga baris, dituliskan pada bagian terpisah dengan indentasi kiri 0.5 dan indentasi kanan 0.5 tanpa tanda petik. Teknik penulisan sitasi (pengutipan) mengikuti model APA (American Psychological Association). Untuk kutipan langsung, nomor halaman dicantumkan.
Tabel
Tabel memiliki judul dengan nomor yang berurutan yang dituliskan di atas tabel dengan ukuran huruf 11, sedangkan ukuran huruf di dalam tabel 9.
Gambar dan Grafik
Gambar dan grafik memiliki judul dengan nomor yang berurutan dan dituliskan di bawah gambar atau grafik dengan ukuran huruf 11.
Struktur Artikel
Artikel yang dikirimkan dapat merupakan hasil penelitian atau non-hasil penelitian dengan masing-masing formatnya berikut ini.
1. Artikel Hasil Penelitian
Informasi Halaman Judul
Judul artikel maksimum berjumlah 20 kata, huruf besar, tebal, rata tengah, akurat, tidak ambigu, lengkap, dan spesifik, serta tidak berupa singkatan, yang dituliskan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Nama lengkap ditulis tanpa gelar akademik, rata tengah, dan tidak dicetak tebal. Nama lengkap ini diberi footnote* yang menjelaskan biodata penulis secara deskriptif, yang meliputi profesi penulis, pendidikan terakhir yang pernah ditempuh, bidang yang diminati atau digeluti, serta contoh tulisan ragam ilmiah yang pernah diproduksi beserta tahun terbitnya (jika ada). Jika artikel ditulis oleh dua orang, keduanya harus dituliskan dengan cara yang sama pada bagian ini.
Afiliasi dan alamat serta alamat email aktif penulis diletakkan persis di bawah nama lengkap.
*Footnote untuk Deskripsi Biodata Penulis
Biodata Penulis: Dideskripsikan sebagai kalimat dengan susunan berikut: …………… (Nama) adalah seorang ……………… (pekerjaan/profesi) di ………………… (afiliasi/institusi) yang menyelesaikan pendidikan terakhirnya di ………… (program studi/jurusan/fakultas/universitas). Penulis berminat/menggeluti bidang ………………., ………….., dan …………….. (disesuaikan dengan bidang keilmuan apa saja yang dikuasai/diminati). Karya tulis ilmiah yang pernah dihasilkan antara lain …………………. (optional, yang sesuai dengan bidang yang digeluti).
Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak berjumlah 100-200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Kata “ABSTRACT” dan “ABSTRAK” ditulis dalam huruf besar, cetak tebal, rata tengah.
Abstrak versi bahasa Inggris dicetak miring.
Abstrak ditulis dalam satu kolom, dengan indentasi kiri 0.5 dan indentasi kanan 0.5.
Abstrak menjelaskan secara singkat dan jelas tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan simpulan.
Kata kunci berjumlah 3-5 kata.
Bagian Isi
Pendahuluan: 15-20% dari jumlah halaman artikel, yang menjelaskan latar belakang penelitian, pentingnya penelitian ini, review dari beberapa penelitian serupa atau terkait sebelumnya, yang diperoleh dari artikel-artikel pada jurnal-jurnal lain, yang mengungkapkan misalnya kelebihan dan/atau kekurangan dari penelitian-penelitian sejenis tersebut, apa perbedaannya, sehingga memperlihatkan posisi atau kebaruan dari penelitian yang dilakukan ini, apa yang diharapkan dari penelitian ini terkait dengan kebaruan, kelebihan dan/atau perbedaan yang ditemukan dari penelitian-penelitian sebelumnya, serta tujuan dari penelitian yang dilakukan ini.
Metode Penelitian: 10-15% dari jumlah halaman artikel, yang menjelaskan desain penelitian, setting penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, serta analisis data.
Hasil Penelitian dan Diskusi (dalam bentuk sub-bab yang mengacu kepada hasil-hasil penelitian): 40-60% dari jumlah halaman artikel, yang menguraikan secara jelas dan padat temuan hasil penelitian (tetapi bukan presentasi data mentah secara detil), bisa dilengkapi dengan tabel atau gambar yang dijelaskan atau ditafsirkan dengan uraian. Diskusi harus berkorespondensi dengan hasil yang dikemukakan. Sebagai bantuan diskusi (contoh): bagaimana hasil penelitian berkaitan dengan tujuan
Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Sendikraf | 3
penelitian atau pertanyaan penelitian, interpretasi saintifik terhadap setiap hasil atau temuan dalam penelitian, apakah hasil penelitian sama, konsisten, atau berbeda dengan yang dilakukan pada penelitian lainnya yang sejenis, bagaimana perbedaannya, dan seterusnya.
Simpulan dan Rekomendasi/Saran (Optional): 5-10% dari jumlah halaman artikel, tidak mengulang abstrak, tetapi menjawab tujuan atau pertanyaan penelitian, bagaimana penelitian ini memberikan justifikasi kemajuan atau sumbangan terhadap bidang yang diteliti, dan kemungkinan penelitian ini dikembangkan lagi atau diaplikasikan dalam konteks yang berbeda. Rekomendasi atau saran dapat diberikan pada bagian ini, meskipun sifatnya optional.
Referensi: 10-15% dari jumlah halaman artikel, yang sebagian besar diperoleh dari jurnal terpublikasi 10 tahun terakhir. Setiap referensi yang dikutip di dalam artikel harus dituliskan pada daftar referensi yang dituliskan secara urut abjad berdasarkan nama pengarangnya. Baris kedua dari sebuah referensi dituliskan dengan indentasi 0.5.
2. Artikel Non Hasil Penelitian (hasil kajian, gagasan konseptual, aplikasi teori)
Informasi Halaman Judul
Judul artikel maksimum berjumlah 20 kata, huruf besar, tebal, rata tengah, akurat, tidak ambigu, lengkap, dan spesifik, serta tidak berupa singkatan, yang dituliskan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Nama lengkap penulis ditulis tanpa gelar akademik, rata tengah, dan tidak dicetak tebal. Nama lengkap ini diberi footnote* yang menjelaskan biodata penulis secara deskriptif, yang meliputi profesi penulis, pendidikan terakhir yang pernah ditempuh, bidang yang diminati atau digeluti, serta tulisan ragam ilmiah yang pernah diproduksi beserta tahun terbitnya (jika ada). Jika artikel ditulis oleh dua orang, keduanya harus dituliskan dengan cara yang sama pada bagian ini.
Afiliasi dan alamat email aktif penulis diletakkan persis di bawah nama lengkap.
*Footnote untuk Deskripsi Biodata Penulis
Biodata Penulis: Dideskripsikan sebagai kalimat dengan susunan berikut: …………… (Nama) adalah seorang ……………… (pekerjaan/profesi) di ………………… (afiliasi/institusi) yang menyelesaikan pendidikan terakhirnya di ………… (program studi/jurusan/fakultas/universitas). Penulis berminat/menggeluti bidang ………………., ………….., dan …………….. (disesuaikan dengan bidang keilmuan apa saja yang dikuasai/diminati). Karya tulis ilmiah yang pernah dihasilkan antara lain …………………. (optional, yang sesuai dengan bidang yang digeluti).
Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak berjumlah 100-200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Kata “ABSTRACT” dan “ABSTRAK” ditulis dalam huruf besar, cetak tebal, rata tengah.
Abstrak versi bahasa Inggris dicetak miring.
Abstrak ditulis dalam satu kolom, dengan indentasi kiri 0.5 dan indentasi kanan 0.5.
Abstrak menjelaskan secara singkat dan jelas kajian/masalah/gagasan yang dikemukakan, tujuan, diskusi singkat kajian/masalah/gagasan, dan simpulan.
Kata kunci berjumlah 3-5 kata.
Bagian Isi
Pendahuluan: 15-20% dari jumlah halaman artikel, yang menjelaskan latar belakang kajian/gagasan/masalah/telaah, fenomena atau fakta aktual yang ada terkait kajian/gagasan/masalah/ telaah, tinjauan pustaka atau landasan konseptual, apa yang diharapkan dari kajian/gagasan/ masalah/telaah yang dilakukan ini. Pada bagian ini juga dapat dikemukakan pentingnya kajian/gagasan/
Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Sendikraf | 4
masalah/telaah ini, atau diungkapkannya perbedaan yang ditemukan dari kajian-kajian sejenis sebelumnya yang pernah ada, sehingga memperlihatkan posisi atau kebaruan dari kajian/gagasan/ masalah/telaah yang dilakukan ini, apa yang diharapkan dari kajian ini terkait dengan kebaruannya, dan apa tujuan dari kajian/gagasan/masalah/telaah yang dilakukan.
Pembahasan (dalam bentuk sub-bab yang mengacu kepada poin-poin kajian): 40-60% dari jumlah halaman artikel, disajikan dalam bentuk sub-bab yang mengacu kepada hasil-hasil kajian/telaah/gagasan, yang diikuti langsung dengan diskusi yang harus berkorespondensi dengan hasil-hasil yang dikemukakan tersebut. Banyaknya sub-bab disesuaikan dengan isu gagasan/hasil kajian/telaah/ penyelesaian masalah yang dikemukakan. Pembahasan yang dilakukan bisa dilengkapi dengan tabel atau gambar. Teori, literatur, konsep, pendekatan, metode, yang digunakan sebagai acuan pada kajian atau telaah ini menjadi bagian dari landasan dalam melakukan kajian. Diskusi yang dilakukan terkait gagasan/hasil kajian/telaah misalnya bagaimana gagasan atau hasil kajian ini berkaitan dengan tujuan kajian, permasalahan, dan apa interpretasi terhadap setiap isu gagasan atau hasil kajian, apakah hasil kajian ini misalnya sama, atau berbeda dengan yang dilakukan pada kajian lainnya yang sejenis, bagaimana perbedaannya, dan seterusnya.
Simpulan dan Rekomendasi/Saran (Optional): 5-10% dari jumlah halaman artikel, tidak mengulang abstrak, tetapi menjawab tujuan dari kajian/gagasan/masalah/telaah yang dikemukakan, bagaimana kajian/gagasan/masalah yang dilakukan ini memberikan sumbangan terhadap pengetahuan, wawasan, cara pandang dalam bidang yang dikaji, dan kemungkinan kajian/gagasan/masalah/telaah ini dikembangkan lagi atau dilakukan dengan cara dan konteks yang berbeda.
Referensi: 10-15% dari jumlah halaman artikel; setiap referensi yang dikutip di dalam artikel harus dituliskan pada daftar referensi yang dituliskan secara urut abjad berdasarkan nama pengarangnya. Sebagian besar referensi diperoleh dari publikasi 10 tahun terakhir. Baris kedua dari sebuah referensi dituliskan dengan indentasi 0.5.
Penulisan Referensi
Buku – Satu Penulis
Wright, Andrew. (2001). Art and Crafts with Children. Oxford: Oxford University Press.
Buku – Dua Penulis
Zarei, A. A., & Pedram, S. (2018). Reading Micro Skills: Does Gender Make a Difference? Beau Bassin: International Book Market Service, Ltd.
Buku – Tiga sampai Lima Penulis
Salzmann, Z., Stanlaw, J. M., & Adachi, N. (2012). Language, Culture, and Society: An Introduction to Linguistic Anthropology. Philadelphia: Westview Press.
Editor Tanpa Penulis
Silverman, D. (Ed.). (2006). Qualitative Research: Theory, Method and Practice. London: SAGE Publications Inc.
Bab dalam Sebuah Buku – Tanpa Penulis
Anderson, K. N., Anderson, L. E., & Glanze, W. D. (Eds.). (1994). Subcutaneous injection. In Mosby's medical, nursing, and allied health dictionary (4th ed., p. 1497). St. Louis, MO: Mosby.
Bab dalam Sebuah Buku – dengan Satu Penulis
Regulus, T. A. (1995). Gang violence. In R. L. Edwards (Ed.), Encyclopedia of social work (19th ed., Vol. 2, pp. 1045–1055). Washington, DC: National Association of Social Workers.
Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Sendikraf | 5
Artikel Jurnal Cetak
Aoki, A. (2010). Rapport Management in Thai and Japanese Social Talk during Group Discussions. Pragmatics, 20:3, 289-313.
Artikel Jurnal dari Penerbit Website (artikel tanpa Digital Object Identifier/DOI)
Collamar, R., Karaan, A. M., & Palma, M. S. (2017). Questions students ask as indices of their comprehension. Journal on Teacher Education, XI(1), 109-140. Diakses dari http://po.pnuresearchportal.org/ ejournal/index.php/normallights/article/view/378
Artikel Jurnal dengan Digital Object Identifier (DOI)
Richland, L.E., & Begolli, K.N. (2016). Analogy and Higher Order Thinking: Learning Mathematics as an Example. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences 3(2), 160-168. doi: 10.1177/2372732216629795
Halaman Web
Chicago Guide for Teaching and Learning in the Arts. (2017, November). Arts Integration. Diakses dari http://chicagoguide.cpsarts.org/pdf/teachingresources.pdf.