STRATEGI PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan media pembelajaran tari yang diterapkan dalam perkuliahan serta dan produk game edukatif yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian action research pada mata kuliah media pembelajaran tari dengan tahapan diagnosing, action planing, action taking dan evaluating secara kolaboratif dengan mahasiswa Pendidikan Tari Universitas Lampung dengan mengambil sampel 5 produk game edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan media pembelajaran tari dilakukan dengan lima tahapan yaitu (1) concept (pengonsepan), (2) mendesain media menggunakan aplikasi, (3) realisasi desain media dalam wujud media konvensional, (4) penyempurnaan kelengkapan media, (5) pendeskripsian alur dan tata cara penggunaan media. Adapun penerapan strategi tersebut menghasilkan produk game edukatif, diantaranya: mosen (monopoli sigeh penguten) merupakan media pembelajaran ragam gerak tari sigeh penguten; scrabb-geh merupakan media pembelajaran ragam gerak tari bedana yang diadopsi dari permainan scrabble atau susun kata; batapung (batu tari Lampung) yang dirancang untuk menunjukkan wilayah persebaran tari tradisi yang ada di Provinsi Lampung; ular tangga sigeh pengunten yang merupakan media pembelajaran yang menggabungkan elemen permainan ular tangga dengan materi pembelajaran tari sigeh pengunten; serta marina (memanah tari bedana) merupakan media pembelajaran ragam gerak tari bedana yang berbentuk permainan panahan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Anitah, S. (2007). Strategi
pembelajaran. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Dharmamulya, S. (2008). Permainan
Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel
Press.
Najuah., Sidiq, R., Simamora, R.S. (2022)
Game Edukasi Strategi dan Evaluasi
Belajar Sesuai Abad 21. Medan.
Yayasan Kita Menulis.
Nasution, W.N. (2017). Strategi
Pembelajaran. Medan. Perdana
Publishing.
Negara., H.C. (2023). Pengembangan
Multimedia Interaktif Membaca
Berbasis Game Edukasi untuk Siswa
Kelas I SD Telkom Makassar. Pinisi
Journal Of Health & Sport Science. 1-
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W
dan Sayidiman. (2022). Media
Pembelajaran. Makassar. Badan
Penerbit UNM.
Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang
bangun game edukasi pengenalan
warna untuk pendidikan anak usia dini
menggunakan adobe flash berbasis
android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian
Dan Pembelajaran Informatika), 4(1),
-18.
Setiawan, A. (2014). Strategi Pembelajaran
Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi,
(1), 1-16.
Sompa, A. (2019). Pengaruh Media
Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa SDN di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu
Timur (Doctoral dissertation,
Universitas Negeri Makassar). Diakses
pada 04 juni 2024 dari
https://eprints.unm.ac.id/13991/
Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian
Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan
Pendidikan Profesi Guru. Fakultas
Teknik, Universitas Negeri
Yogyakarta. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG
(Role Playing Game). Semarang.
LPPM UNNES.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K.
M. (2020). Metodologi Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif, Action
Research, Research And Development
(R n D). Kolaka. Yayasan Pondok
Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.