STRATEGI PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI

Main Article Content

Amelia Hani Saputri
Susi Wendhaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan media pembelajaran tari yang diterapkan dalam perkuliahan serta dan produk game edukatif yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian action research pada mata kuliah media pembelajaran tari dengan tahapan diagnosing, action planing, action taking dan evaluating secara kolaboratif dengan mahasiswa Pendidikan Tari Universitas Lampung dengan mengambil sampel 5 produk game edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan media pembelajaran tari dilakukan dengan lima tahapan yaitu (1) concept (pengonsepan), (2) mendesain media menggunakan aplikasi, (3) realisasi desain media dalam wujud media konvensional, (4) penyempurnaan kelengkapan media, (5) pendeskripsian alur dan tata cara penggunaan media. Adapun penerapan strategi tersebut menghasilkan produk game edukatif, diantaranya: mosen (monopoli sigeh penguten) merupakan media pembelajaran ragam gerak tari sigeh penguten; scrabb-geh merupakan media pembelajaran ragam gerak tari bedana yang diadopsi dari permainan scrabble atau susun kata; batapung (batu tari Lampung) yang dirancang untuk menunjukkan wilayah persebaran tari tradisi yang ada di Provinsi Lampung; ular tangga sigeh pengunten yang merupakan media pembelajaran yang menggabungkan elemen permainan ular tangga dengan materi pembelajaran tari sigeh pengunten; serta marina (memanah tari bedana) merupakan media pembelajaran ragam gerak tari bedana yang berbentuk permainan panahan.

Article Details

How to Cite
Saputri, A. H., & Wendhaningsih, S. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI. Jurnal Pendidikan Seni Dan Industri Kreatif, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.70571/psik.v5i2.153
Section
Articles

References

Anitah, S. (2007). Strategi

pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Dharmamulya, S. (2008). Permainan

Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel

Press.

Najuah., Sidiq, R., Simamora, R.S. (2022)

Game Edukasi Strategi dan Evaluasi

Belajar Sesuai Abad 21. Medan.

Yayasan Kita Menulis.

Nasution, W.N. (2017). Strategi

Pembelajaran. Medan. Perdana

Publishing.

Negara., H.C. (2023). Pengembangan

Multimedia Interaktif Membaca

Berbasis Game Edukasi untuk Siswa

Kelas I SD Telkom Makassar. Pinisi

Journal Of Health & Sport Science. 1-

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W

dan Sayidiman. (2022). Media

Pembelajaran. Makassar. Badan

Penerbit UNM.

Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang

bangun game edukasi pengenalan

warna untuk pendidikan anak usia dini

menggunakan adobe flash berbasis

android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian

Dan Pembelajaran Informatika), 4(1),

-18.

Setiawan, A. (2014). Strategi Pembelajaran

Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi,

(1), 1-16.

Sompa, A. (2019). Pengaruh Media

Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa SDN di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu

Timur (Doctoral dissertation,

Universitas Negeri Makassar). Diakses

pada 04 juni 2024 dari

https://eprints.unm.ac.id/13991/

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian

Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan

Pendidikan Profesi Guru. Fakultas

Teknik, Universitas Negeri

Yogyakarta. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG

(Role Playing Game). Semarang.

LPPM UNNES.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K.

M. (2020). Metodologi Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif, Action

Research, Research And Development

(R n D). Kolaka. Yayasan Pondok

Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.