PENGEMBANGAN MEDIA CERIA BALI (CERITA RAKYAT ASAL BALI) DENGAN APLIKASI SMART APPS CREATOR DI SMK NEGERI 1 BUSUNGBIU

Main Article Content

I G.N. Agung Pramasurya Dwi Septian

Abstract

Eksistensi cerita rakyat Bali saat ini mengalami penurunan akibat perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media cerita rakyat Bali berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, guru, serta siswa. Hasil yang diperoleh dari uji ahli isi adalah isi materi sudah memperhatikan ketepatan tujuan dan dukungan terhadap isi materi cerita rakyat yang sifatnya fakta, prinsip, dan konsep agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil yang diperoleh dari uji media adalah media yang dikembangkan sudah dilengkapi dengan penyisipan multimedia serta penggunaan menu dan ikon dari aplikasi yang beragam membuat media mudah digunakan. Sedangkan dari uji pengguna disebarkan kepada 75 (tujuh puluh lima) siswa SMK Negeri 1 Busungbiu. Berdasarkan data uji responden yang telah dilakukan, didapatkan hasil rata-rata presentase yaitu 90% dengan tingkat pencapaian sangat baik. Kesimpulan yang didapatkan yaitu pengembangan media cerita rakyat ini dapat dioperasikan dengan baik. Hasil validasi sudah relevan baik secara isi materi maupun medianya, sehingga membuktikan bahwa aplikasi cerita rakyat ini layak dan praktis.

Article Details

How to Cite
Agung Pramasurya Dwi Septian, I. G. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA CERIA BALI (CERITA RAKYAT ASAL BALI) DENGAN APLIKASI SMART APPS CREATOR DI SMK NEGERI 1 BUSUNGBIU. Jurnal Pendidikan Seni Dan Industri Kreatif, 5(2), 47–55. https://doi.org/10.70571/psik.v5i2.152
Section
Articles

References

I Made Budi Ardana. (2024, February 2).

Wawancara I Made Budi Ardana.

Ardiana, D. P. Y., Swamahendra, M., dan

Suryawan, I. W. D. (2022). Aplikasi

Game Cerita Rakyat Kodok Dan

Harta Karun Berbasis Android.

Jurnal Nasional Komputasi Dan

Teknologi Informasi (JNKTI), 5(1),

–92.

https://doi.org/10.32672/jnkti.v5i1.

H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, dan N.K.

Suarni. (2021). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Android Pada Mata

Pelajaran IPA Pokok Bahasan

Perkembangbiakan Hewan untuk

Siswa Kelas VI SD Jurnal

Teknologi Pembelajaran Indonesia,

(1), 1–15.

https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v

i1.613

Laksmita Sari, I. A. (2019). Unsur-unsur

Pengetahuan Sosial dalam Cerita

Rakyat Bali Aga dan Buku Pelajaran

Sekolah Dasar Zaman Kolonial

Belanda. Jurnal Kajian Bali (Journal

of Bali Studies), 9(2), 499.

https://doi.org/10.24843/jkb.2019.v

i02.p11

Nofri Satriawan. (2020, September 22).

Model Penelitian Pengembangan

ADDIE.

Https://Ranahresearch.Com/ModelPenelitian-Pengembangan-Addie/.

Raharja, A. D., Selvia, M., dan Hilman, C.

(2022). Revitalisasi Nilai-Nilai

Kearifan Lokal dalam Pendidikan

yang Relevan dalam Mengatasi

Permasalahan Global. In Jurnal

Inovasi, Evaluasi dan

Pengembangan Pembelajaran

(JIEPP) (Vol. 2, Issue 2).

https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.

Ramadhania, A. D., Karim, A. A.,

Wardani, A. I., Ismawati, I., dan

Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi

Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik

sebagai Upaya Konservasi Cerita

Rakyat Karawang. EDUKATIF :

JURNAL ILMU PENDIDIKAN,

(3), 3638–3651.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v

i3.2655

Rasjid, N., dan Irianti, A. (2023).

Digitalisasi Cerita Rakyat Mandar.

In Jurnal Pengabdian Masyarakat

UNIPOL (Abdimas Unipol) (Vol. 1,

Issue 2).

Ridwan, M. (2021). Pembangunan

Sumber Daya Manusia Pada

Sekolah Kejuruan Di Indonesia:

Tantangan Dan Peluang Di Era

Revolusi Industri 4.0. In Moderasi:

Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan

Sosial (Vol. 2, Issue 1).

https://doi.org/10.24239/moderasi.v

ol2.iss1.35

Romadhon. (2024). Towards the Summit

of Success: Transforming Dreams

through Vocational Education.

http://journal.ubm.ac.id/

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain

Kebijakan Strategis Pemerintah

Dalam Bidang Pendidikan Untuk

Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

In Jurnal Education and

development (Vol. 9, Issue 2).

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran

Inovatif dan Pengembangannya (P.

Latifah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT

Remaja Rosdakarya Offset.