PENGEMBANGAN MEDIA CERIA BALI (CERITA RAKYAT ASAL BALI) DENGAN APLIKASI SMART APPS CREATOR DI SMK NEGERI 1 BUSUNGBIU
Main Article Content
Abstract
Eksistensi cerita rakyat Bali saat ini mengalami penurunan akibat perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media cerita rakyat Bali berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, guru, serta siswa. Hasil yang diperoleh dari uji ahli isi adalah isi materi sudah memperhatikan ketepatan tujuan dan dukungan terhadap isi materi cerita rakyat yang sifatnya fakta, prinsip, dan konsep agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil yang diperoleh dari uji media adalah media yang dikembangkan sudah dilengkapi dengan penyisipan multimedia serta penggunaan menu dan ikon dari aplikasi yang beragam membuat media mudah digunakan. Sedangkan dari uji pengguna disebarkan kepada 75 (tujuh puluh lima) siswa SMK Negeri 1 Busungbiu. Berdasarkan data uji responden yang telah dilakukan, didapatkan hasil rata-rata presentase yaitu 90% dengan tingkat pencapaian sangat baik. Kesimpulan yang didapatkan yaitu pengembangan media cerita rakyat ini dapat dioperasikan dengan baik. Hasil validasi sudah relevan baik secara isi materi maupun medianya, sehingga membuktikan bahwa aplikasi cerita rakyat ini layak dan praktis.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
I Made Budi Ardana. (2024, February 2).
Wawancara I Made Budi Ardana.
Ardiana, D. P. Y., Swamahendra, M., dan
Suryawan, I. W. D. (2022). Aplikasi
Game Cerita Rakyat Kodok Dan
Harta Karun Berbasis Android.
Jurnal Nasional Komputasi Dan
Teknologi Informasi (JNKTI), 5(1),
–92.
https://doi.org/10.32672/jnkti.v5i1.
H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, dan N.K.
Suarni. (2021). Pengembangan
Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Android Pada Mata
Pelajaran IPA Pokok Bahasan
Perkembangbiakan Hewan untuk
Siswa Kelas VI SD Jurnal
Teknologi Pembelajaran Indonesia,
(1), 1–15.
https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v
i1.613
Laksmita Sari, I. A. (2019). Unsur-unsur
Pengetahuan Sosial dalam Cerita
Rakyat Bali Aga dan Buku Pelajaran
Sekolah Dasar Zaman Kolonial
Belanda. Jurnal Kajian Bali (Journal
of Bali Studies), 9(2), 499.
https://doi.org/10.24843/jkb.2019.v
i02.p11
Nofri Satriawan. (2020, September 22).
Model Penelitian Pengembangan
ADDIE.
Https://Ranahresearch.Com/ModelPenelitian-Pengembangan-Addie/.
Raharja, A. D., Selvia, M., dan Hilman, C.
(2022). Revitalisasi Nilai-Nilai
Kearifan Lokal dalam Pendidikan
yang Relevan dalam Mengatasi
Permasalahan Global. In Jurnal
Inovasi, Evaluasi dan
Pengembangan Pembelajaran
(JIEPP) (Vol. 2, Issue 2).
https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.
Ramadhania, A. D., Karim, A. A.,
Wardani, A. I., Ismawati, I., dan
Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi
Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik
sebagai Upaya Konservasi Cerita
Rakyat Karawang. EDUKATIF :
JURNAL ILMU PENDIDIKAN,
(3), 3638–3651.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v
i3.2655
Rasjid, N., dan Irianti, A. (2023).
Digitalisasi Cerita Rakyat Mandar.
In Jurnal Pengabdian Masyarakat
UNIPOL (Abdimas Unipol) (Vol. 1,
Issue 2).
Ridwan, M. (2021). Pembangunan
Sumber Daya Manusia Pada
Sekolah Kejuruan Di Indonesia:
Tantangan Dan Peluang Di Era
Revolusi Industri 4.0. In Moderasi:
Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan
Sosial (Vol. 2, Issue 1).
https://doi.org/10.24239/moderasi.v
ol2.iss1.35
Romadhon. (2024). Towards the Summit
of Success: Transforming Dreams
through Vocational Education.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain
Kebijakan Strategis Pemerintah
Dalam Bidang Pendidikan Untuk
Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
In Jurnal Education and
development (Vol. 9, Issue 2).
Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran
Inovatif dan Pengembangannya (P.
Latifah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT
Remaja Rosdakarya Offset.