STRATEGI PEMBERDAYAAN KEGIATAN GURU KEJURUAN PASCA PELATIHAN UPSKILLING-RESKILLING: MENGUJI PERAN KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KOMPETENSI CEO DALAM KONTEKS SMK PUSAT KEUNGGULAN

Main Article Content

Riyanti Susiloningtyas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemimpin yang dapat mengabdi pada kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru SMK, dengan harapan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu sekolah menuju SMK Center of Excellence. Kedua aspek ini menjadi fokus penelitian karena potensinya dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan dan kinerja guru di lingkungan pendidikan vokasi.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan melayani dan kompetensi kepala eksekutif terhadap kinerja guru SMK, dengan pusat kegiatan pemberdayaan guru melalui program upskilling dan reskilling sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan di sekolah negeri dengan sampel sebanyak 100 orang guru kejuruan SMK. Pengumpulan data dengan kuesioner skala likert, dan analisis hipotesis path analysis.


 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani dan kompetensi CEO berpengaruh positif sebesar 86,5% terhadap pusat pemberdayaan aktivitas guru melalui upskilling dan reskilling, dan kepemimpinan melayani, kompetensi CEO dan pusat pemberdayaan aktivitas guru secara simultan memberikan kontribusi sebesar 64,1% terhadap kinerja guru SMK. Penelitian ini menjelaskan pentingnya peran kepemimpinan dan kompetensi CEO dalam mengoptimalkan program peningkatan keterampilan untuk meningkatkan kinerja guru kejuruan. Implikasi praktis dari temuan ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan dan praktik kepemimpinan yang efektif di lembaga pendidikan kejuruan, dengan fokus pada peningkatan kualitas guru menuju SMK Center of Excellence.

Article Details

How to Cite
Susiloningtyas, R. (2024). STRATEGI PEMBERDAYAAN KEGIATAN GURU KEJURUAN PASCA PELATIHAN UPSKILLING-RESKILLING: MENGUJI PERAN KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KOMPETENSI CEO DALAM KONTEKS SMK PUSAT KEUNGGULAN. Jurnal Pendidikan Seni Dan Industri Kreatif, 5(2), 20–28. https://doi.org/10.70571/psik.v5i2.151
Section
Articles

References

Alzoraiki, M., Ahmad, A. R., Ateeq, A. A., Naji,

G. M. A., Almaamari, Q., & Beshr, B. A.

H. (2023). Impact of Teachers’

Commitment to the Relationship between

Transformational Leadership and

Sustainable Teaching Performance.

Sustainability (Switzerland), 15(5).

https://doi.org/10.3390/su15054620

Anshori, L. I., Titisari, P., Setyanti, S. W. L. H.,

Handriyono, Sularso, R. A., & Susanto, A.

B. (2023). The Influence of Servant

Leadership on Motivation, Work

Engagement, Job Satisfaction and Teacher

Performance of Vocational Hight School

Teachers in Jember City. Quality - Access

to Success, 24(194), 261–273.

https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.30

Ariana, R. (2016). CEO Pendidikan Vokasi.

Dennis, R. S., & Bocarnea, M. (2005).

Development of the servant leadership

assessment instrument. Leadership &

Organization Development Journal, 26(8),

–615.

https://doi.org/10.1108/0143773051063369

Grill, M., Pousette, A., & Björnsdotter, A.

(2023). Managerial Behavioral Training

For Functional Leadership: A Randomized

Controlled Trial. Journal of Organizational

Behavior Management, 00(00), 1–27.

https://doi.org/10.1080/01608061.2023.217

Hermanto, Y. B., & Srimulyani, V. A. (2022).

The role of servant leadership and work

engagement in improving extra-role

behaviour and teacher performance.

International Journal of Productivity and

Quality Management, 35(1), 57–77.

https://doi.org/10.1504/IJPQM.2022.12071

Hsu, H. W. (2022). CEO educational

backgrounds and non-GAAP earnings

disclosures. Investment Management and

Financial Innovations, 19(3), 167–175.

https://doi.org/10.21511/imfi.19(3).2022.14

Islam, M. D. S., Alam, M. N., Narayan, E. A. /.

L., Jambulingam, M., & HASSAN, M. D.

M. (2019). Servant Leadership for The

Retention of Millennial Employees in

Private Sectors: Mediating Role of Job

Satisfaction. International Journal of

Business Excellence, 1(1), 1.

https://doi.org/10.1504/ijbex.2019.1002892

Kemendikbud. (2020). Program Upskilling dan

Reskillig Guru Kejuruan Berstandar

industri tahun 2020. 2, 2–5. https://eurlex.europa.eu/legalcontent/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016

R0679&from=PT%0Ahttp://eurlex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?

uri=CELEX:52012PC0011:pt:NOT

Khamis, M. F., & Cosmas, G. (2023).

Penglibatan Program Upskilling Dan

Kebimbangan. 11, 214–221.

Mutoharoh, Hufad, A., & Rusdiyani, I. (2023).

The Correlation between Innovative

Leadership and Early Childhood Education

Teacher Performance. Journal of

Educational and Social Research, 13(3),

–163. https://doi.org/10.36941/jesr-

-0065

Nasution, A. (2019). Peran Kepala Sekolah

Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Dunia

Usaha Dan Industri Untuk Meningkatkan

Mutu Sekolah Kejuruan. In Tesis.

http://eprints.umm.ac.id/57171/

Pardosi, J., & Utari, T. I. (2022). Effective

principal leadership behaviors to improve

the teacher performance and the student

achievement. F1000Research, 10(May), 1–

https://doi.org/10.12688/f1000research.515

2

Ritonga, S. I., Ritonga, W. A., Syafaruddin,

Tanjung, A. M., & Musri, M. A. (2020).

Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi

Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

pada Smks Harapan Al- Washliyah

Sigambal Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal

Al-Khawarizmi: Pendidikan Matematika,

(01), 9.

Russell, R. F. (2001). The role of values in

servant leadership. Leadership &

Organization Development Journal, 22(2)

–84.

https://doi.org/10.1108/0143773011038263

Ruyani, I., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N.

(2021). Budaya Organisasi Dan

Kompensasi Terhadap Kinerja Guru The

Effect Of Organizational Commitment ,

School Leadership , Organizational Culture

And Compensation On Teacher

Performance 1-3 Program Studi Salah satu

peran yayasan sosial adalah memberikan

layanan. Dimensi, 10(1), 76–90.

https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/

jurnaldms%0APENGARUH

Sebbas, A. (2017). CEO Cultural Background

and its Relation to Companies ’

Performance in Europe. 1–76.

https://helda.helsinki.fi/dhanken/bitstream/

handle/123456789/172441/sebbas.pdf?sequ

ence=1

Wong, K., Man, S., & Chan, A. H. S. (2022).

Subjective Wellbeing and Work

Performance among Teachers in Hong

Kong during the COVID-19 Pandemic:

Does Autonomy Support Moderate Their

Relationship? Sustainability (Switzerland),

(19).

https://doi.org/10.3390/su141912092

Yaseen, S., & Ravichandran, R. (2022). The

Importance Of Reskilling And Upskilling In Post

Covid Economy-A Critical Study

*(Corresponding Author). 05, 301–307.

https://doi.org/10.17605/OSF.IO/U26BW