STRATEGI PEMBERDAYAAN KEGIATAN GURU KEJURUAN PASCA PELATIHAN UPSKILLING-RESKILLING: MENGUJI PERAN KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KOMPETENSI CEO DALAM KONTEKS SMK PUSAT KEUNGGULAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemimpin yang dapat mengabdi pada kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru SMK, dengan harapan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu sekolah menuju SMK Center of Excellence. Kedua aspek ini menjadi fokus penelitian karena potensinya dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan dan kinerja guru di lingkungan pendidikan vokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan melayani dan kompetensi kepala eksekutif terhadap kinerja guru SMK, dengan pusat kegiatan pemberdayaan guru melalui program upskilling dan reskilling sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan di sekolah negeri dengan sampel sebanyak 100 orang guru kejuruan SMK. Pengumpulan data dengan kuesioner skala likert, dan analisis hipotesis path analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani dan kompetensi CEO berpengaruh positif sebesar 86,5% terhadap pusat pemberdayaan aktivitas guru melalui upskilling dan reskilling, dan kepemimpinan melayani, kompetensi CEO dan pusat pemberdayaan aktivitas guru secara simultan memberikan kontribusi sebesar 64,1% terhadap kinerja guru SMK. Penelitian ini menjelaskan pentingnya peran kepemimpinan dan kompetensi CEO dalam mengoptimalkan program peningkatan keterampilan untuk meningkatkan kinerja guru kejuruan. Implikasi praktis dari temuan ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan dan praktik kepemimpinan yang efektif di lembaga pendidikan kejuruan, dengan fokus pada peningkatan kualitas guru menuju SMK Center of Excellence.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Alzoraiki, M., Ahmad, A. R., Ateeq, A. A., Naji,
G. M. A., Almaamari, Q., & Beshr, B. A.
H. (2023). Impact of Teachers’
Commitment to the Relationship between
Transformational Leadership and
Sustainable Teaching Performance.
Sustainability (Switzerland), 15(5).
https://doi.org/10.3390/su15054620
Anshori, L. I., Titisari, P., Setyanti, S. W. L. H.,
Handriyono, Sularso, R. A., & Susanto, A.
B. (2023). The Influence of Servant
Leadership on Motivation, Work
Engagement, Job Satisfaction and Teacher
Performance of Vocational Hight School
Teachers in Jember City. Quality - Access
to Success, 24(194), 261–273.
https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.30
Ariana, R. (2016). CEO Pendidikan Vokasi.
Dennis, R. S., & Bocarnea, M. (2005).
Development of the servant leadership
assessment instrument. Leadership &
Organization Development Journal, 26(8),
–615.
https://doi.org/10.1108/0143773051063369
Grill, M., Pousette, A., & Björnsdotter, A.
(2023). Managerial Behavioral Training
For Functional Leadership: A Randomized
Controlled Trial. Journal of Organizational
Behavior Management, 00(00), 1–27.
https://doi.org/10.1080/01608061.2023.217
Hermanto, Y. B., & Srimulyani, V. A. (2022).
The role of servant leadership and work
engagement in improving extra-role
behaviour and teacher performance.
International Journal of Productivity and
Quality Management, 35(1), 57–77.
https://doi.org/10.1504/IJPQM.2022.12071
Hsu, H. W. (2022). CEO educational
backgrounds and non-GAAP earnings
disclosures. Investment Management and
Financial Innovations, 19(3), 167–175.
https://doi.org/10.21511/imfi.19(3).2022.14
Islam, M. D. S., Alam, M. N., Narayan, E. A. /.
L., Jambulingam, M., & HASSAN, M. D.
M. (2019). Servant Leadership for The
Retention of Millennial Employees in
Private Sectors: Mediating Role of Job
Satisfaction. International Journal of
Business Excellence, 1(1), 1.
https://doi.org/10.1504/ijbex.2019.1002892
Kemendikbud. (2020). Program Upskilling dan
Reskillig Guru Kejuruan Berstandar
industri tahun 2020. 2, 2–5. https://eurlex.europa.eu/legalcontent/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016
R0679&from=PT%0Ahttp://eurlex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?
uri=CELEX:52012PC0011:pt:NOT
Khamis, M. F., & Cosmas, G. (2023).
Penglibatan Program Upskilling Dan
Kebimbangan. 11, 214–221.
Mutoharoh, Hufad, A., & Rusdiyani, I. (2023).
The Correlation between Innovative
Leadership and Early Childhood Education
Teacher Performance. Journal of
Educational and Social Research, 13(3),
–163. https://doi.org/10.36941/jesr-
-0065
Nasution, A. (2019). Peran Kepala Sekolah
Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Dunia
Usaha Dan Industri Untuk Meningkatkan
Mutu Sekolah Kejuruan. In Tesis.
http://eprints.umm.ac.id/57171/
Pardosi, J., & Utari, T. I. (2022). Effective
principal leadership behaviors to improve
the teacher performance and the student
achievement. F1000Research, 10(May), 1–
https://doi.org/10.12688/f1000research.515
2
Ritonga, S. I., Ritonga, W. A., Syafaruddin,
Tanjung, A. M., & Musri, M. A. (2020).
Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi
Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
pada Smks Harapan Al- Washliyah
Sigambal Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal
Al-Khawarizmi: Pendidikan Matematika,
(01), 9.
Russell, R. F. (2001). The role of values in
servant leadership. Leadership &
Organization Development Journal, 22(2)
–84.
https://doi.org/10.1108/0143773011038263
Ruyani, I., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N.
(2021). Budaya Organisasi Dan
Kompensasi Terhadap Kinerja Guru The
Effect Of Organizational Commitment ,
School Leadership , Organizational Culture
And Compensation On Teacher
Performance 1-3 Program Studi Salah satu
peran yayasan sosial adalah memberikan
layanan. Dimensi, 10(1), 76–90.
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/
jurnaldms%0APENGARUH
Sebbas, A. (2017). CEO Cultural Background
and its Relation to Companies ’
Performance in Europe. 1–76.
https://helda.helsinki.fi/dhanken/bitstream/
handle/123456789/172441/sebbas.pdf?sequ
ence=1
Wong, K., Man, S., & Chan, A. H. S. (2022).
Subjective Wellbeing and Work
Performance among Teachers in Hong
Kong during the COVID-19 Pandemic:
Does Autonomy Support Moderate Their
Relationship? Sustainability (Switzerland),
(19).
https://doi.org/10.3390/su141912092
Yaseen, S., & Ravichandran, R. (2022). The
Importance Of Reskilling And Upskilling In Post
Covid Economy-A Critical Study
*(Corresponding Author). 05, 301–307.